-->

Jalur Pendakian Puncak Songolikur Via Rahtawu yang Wajib Kamu Tahu

Jalur Rahtawu adalah jalur favorit para pendaki dalam pendakian Puncak Songolikur / Puncak 29. Jalur Rahtawu bisa dibilang cukup menantang namun tidak terlalu sulit. Pada Jalur Rahtawu pendaki akan mendapati pemandangan yang luar biasa seperti hutan, bukit, jurang dan lain-lainnya.

Rahtawu sendiri adalah nama sebuah Desa yang masuk di Kecamatan Gebog, kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Desa Rahtawu ini memiliki pemandangan yang indah dan menjadi desa wisata sehingga sangat cocok jika memilih jalur ini. Untuk menuju Desa Rahtawu para calon pendaki hanya cukup mengikuti jalur menuju ke Gunung Muria, dan sepanjang perjalanan hanya perlu mengamati jalur menuju Rahtawu karena sudah banyak penunjuk arah.



Basecamp Rahtawu

Sesampainya di Rahtawu, carilah basecamp untuk pendakian Puncak Songolikur. Jika belum tahu, lebih baik anda tanyakan kepada warga setempat. Untuk tiket pendakian anda bakal dikenakan Rp 2.000 rupiah dan parkir Rp 5.000 rupiah. Sekedar informasi, Puncak 29 ini sebenarnya belum memiliki Basecamp asli, hanya terdapat tempat parkir dan loket retribusi tiket yang dikelola oleh warga sekitar. Jadi kita hanya perlu membayar retribusi maka sudah bisa mendaki Puncak 29.

Pos pendakian

Saat anda mulai mendaki, anda akan disuguhkan trek jalur datar hingga Pos 3. Setelah melewati Pos 3 anda akan disuguhkan sedikit tanjakan hingga Pos 4 Sendang Buton (di sini anda bisa menemukan mata air). Kemudian akan berganti dengan jalur datar dan tanjakan hingga Pos 5, dari Pos 5 menuju Puncak 29 jalur akan didominasi dengan tanjakan.

Tepat sebelum Pos 4 Sendang Buton (setelah melewati Pos 3) anda akan menemui sebuah pertigaan, di sini jika anda memilih belok ke kanan maka akan menuju Pos 4 Sendang Buton, dan jika lurus anda akan langsung menuju Puncak tanpa melewati Pos 4 Sendang Buton.

Bagi anda yang tidak terlalu banyak membawa perbekalan lebih disarankan untuk memilih jalur menuju Pos 4 Sendang Buton, selain jalurnya lebih ringan, anda juga bisa bertemu dengan warga sekitar dan pendaki lain.

Lokasi camp terbaik

Jika kamu membawa tenda, kamu bisa bermalam di Pos 5 dan sekitaran Puncak, di puncak sendiri terdapat beberapa warung warga setempat, nah di sini anda bisa mendirikan tenda di sekitar warung-warung tersebut.

Sumber :
- https://id.wikipedia.org/
- http://www.brobali.com/
BERIKAN KOMENTAR ()