-->

13 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Setelah Lulus SMA, Nomor 7 Wajib Banget


Halo guys... Bingung nih rencana setelah lulus SMA mau kemana? Pastinya bingung lah. Aku dulu juga sempat bingung pas udah lulus SMA mau kemana, hehe. Namun cuma sebentar kok, jadi kamu juga enggak usah berlarut-larut bingung setelah lulus SMA donk.

Masih ada banyak hal kok yang bisa dilakukan jadi harus tetap semangat, jalan masih panjang loh. Nah berikut nih kegiatan yang bisa kamu pilih setelah lulus SMA.

1. Traveling

Setelah lulus kamu bakal punya banyak waktu, jadi enggak ada salahnya kamu traveling atau berlibur dulu setelah lulus SMA. Kamu bisa liburan dengan mendaki gunung, ke pantai atau pergi ke kota lain bahkan kamu juga bisa ke luar negeri.
Manfaatkan waktu liburmu dulu, jangan serius banget. Seenggaknya kamu refresh dulu lah otak dan badanmu setelah stres mikirin ujian.

2. Menginap di Rumah Suadara

Tidak ada salahnya kamu merayakan kelulusan dengan main-main ke rumah saudaramu. Kalau perlu kamu menginap juga, selain mempererat hubungan persaudaraanmu yang mungkin udah rada renggang, kamu juga bisa sambil tanya-tanya dan cerita ke nenek, kakek, om, tante dan lainnya. Itung-itung cari motivasi.

3. Curhat Sama Orang Tua

Ini adalah moment yang pas buat kamu untuk cerita ke orang tua. Kamu bisa mulai bercerita keluh kesahmu semasa SMA. Ceritain semua deh pengalamanmu semasa SMA. Dan kalau perlu kamu juga minta balik ayah ataupun ibumu untuk bercerita. Jadi bisa nostalgia gimana sih dulu ayah dan ibumu pas sekolah.

Kalau sudah saling cerita dan suasana udah cair, kamu bisa sekalian ungkapkan perasaanmu, mungkin kamu ingin kuliah atau kerja setelah lulus SMA. Ungkapin semua, udah enggak waktunya mendam-mendam perasaanmu.

4. Cari Pengalaman ke Kakak Kelas

Kamu bisa mulai meminta cerita pengalaman kakak kelasmu. Mereka hitungannya kan enggak jauh dari kamu sehingga ini bisa jadi hal wajib yang kamu lakukan. Minta motivasi dan sebagainya.

5. Jalan-jalan ke Perguruan Tinggi

Yakin enggak mau lanjut kuliah setelah lulus SMA? alangkah baiknya kamu coba lihat dan main-main dulu ke perguruan tinggi. Kamu bisa ajak teman, kakak kelas maupun saudaramu. Itung-itung cari info dan liburan.

6. Di Rumah Dulu

Ada baiknya juga kalau kamu di rumah dulu. Kamu bisa isi liburanmu dan merayakan kelulusan dengan membantu orang tua. Selain membantu orangtua, kamu juga bisa sambil cari informasi di internet soal beasiswa kuliah atau lowongan kerja.

7. Kuliah

Kalau udah puas main, dapat cerita, motivasi dan lainnya, kamu harus mulai serius. Kamu harus pilih kuliah atau apa setelah lulus SMA. Yang jelas masa depan harus kamu tentukan di sini karena jadwal pendaftaran masuk di perguruan tinggi biasanya terus berjalan cepat. Jadi jangan sampai kelamaan mikir kuliah atau apa setelah lulus SMA.

Sekarang kalau kamu kuliah juga sudah banyak beasiswa, kamu bisa mendaftar dulu. Manfaatkan semua peluang yang ada.

8. Pergi Mondok 

Kalau kamu belum yakin mau kuliah, kamu masih bisa mondok atau nyantri juga kok. Kamu bisa meperdalam pengetahuan keagamaanmu di pesantren-pesantren. Dan klau udah yakin, kamu bisa mondok sambil kuliah juga.

9. Kerja

Kalau kamu udah fiks mutusin buat kerja setelah lulus SMA, kamu ya harus serius kerjanya. Carilah lowongan kerja lulusan SMA yang betul-betul bisa mendukung kesuksesanmu. Dan carilah lowongan kerja SMA terbaru yang kamu suka juga, kalau enggak suka biasanya kamu bakal enggak betah.

Update terus informasi lowongan kerja SMA, kalau beruntung carilah pekerjaan lulusan SMA yang bergaji besar atau minimal ya cukup memenuhi segala kebutuhanmu. Kalau kerja ya harus sukses, hehe.

10. Buka bisnis

Meski kamu enggak bisa kuliah, kamu bisa mulai dengan membuka bisnis. Manfaatkan bekal pengetahuan yang kamu dapat selama sekolah. Kalau kamu suka bisnis ya mulai saja dari usia muda. Banyak kok pengusaha muda yang udah sukses dengan penghasilan jutaan, puluhan bahkan ratusa juta.

11. Menikah

Menikah biasanya kebanyakan dialami oleh perempuan. Istilahnya jodohnya datang lebih cepat, tapi ya enggak masalah kok kalau mau nikah dulu. Saat sudah menikah juga enggak perlu khawatir, kamu bisa sambil kuliah juga, buka bisnis pun bisa banget.

12. Kursus

Kalau pengen punya keahlian khusus, kamu bisa mulai dengan kursus. Temukan skill yang sesuai, yang kamu suka. Misal suka komputer atau lainnya, kembangkan terus aja. Siapa tahu nanti bakal datang suatu peluang yang bakal buatmu sukses. Tapi ya kursus yang serius dan perbanyak relasi juga.

13. Menganggur

Yang paling terakhir ini sudah jelas enggak bakal kamu pilih. Kalau bisa jangan sampai menganggur. Kamu harus optimis dan semangat cari kerja, kalau perlu kamu harus kejar terus info soal beasiswa agar bisa kuliah. Berpikirlah yang optimis, karena tiap orang pasti ada kesempatan baiknya. (*)

BERIKAN KOMENTAR ()