-->

6 Alasan Cuti Kuliah yang Baik, Tepat, dan Masuk Akal Agar Bisa Diterima

Kedaiupdate - Perjalanan kuliah atau S1 memang tidak selamanya akan mulus-mulus saja. Terkadang ada saja hal-hal yang membuat kita harus berhenti kuliah, kita terpaksa mengambil cuti kuliah karena beberapa alasan. Saat meminta izin cuti kuliah kita pun tentu bakal ditanya, kenapa cuti kuliah? Apa tidak bisa kalau tetap lanjut kuliah?

Sebelum pertanyaan itu tiba, tidak ada salahnya jika kamu telah mencari alasan terlebih dahulu. Atau setidaknya kamu telah mentap kenapa harus cuti kuliah. Jika masih bingung, beberapa alasan cuti kuliah berikut bisa jadi pilihan mu :

1. Ekonomi

Alasan pengajuan cuti kuliah masuk akal nomor satu adalah alasan ekonomi. Kenapa ekonomi? Karena alasan ini adalah paling umum dan paling banyak digunakan mahasiswa. Jika pakai alasan ini kemungkinan ditolak sangatlah kecil. Dengan alasan ini pastinya Dosen wali mu atau pihak fakultas akan  bingung, apa harus dipinjami uang dulu? Tentu akan berpikir-pikir bukan. Jadi pakai saja alasan kalau kamu sekarang lagi tidak punya biaya kuliah sehingga terpaksa cuti kuliah.

2. Bekerja

Alasan permohonan cuti kuliah yang tepat berikutnya adalah kamu akan bekerja, dan sudah mendapatkan pekerjaan yang kamu maksud.  Dengan begini kemungkinan diterima adalah sangat besar.

3. Membantu orang tua

Alasan cuti kuliah yang benar berikutnya adalah membantu orang tua. Bilang saja jika saat ini kamu diminta pulang dan harus membantu urusan keluarga. Banyak pekerjaan di rumah yang harus dibantu, sehingga alasan ini bisa jadi alternatif pilihan mu.

4. Hafalan Alquran

Jika kamu berada di Universitas Islam, alasan mengambil cuti kuliah yang satu ini adalah alasan yang sangat tepat. Bilang saja kalau kamu akan fokus hafalan dan tidak ingin diganggu. Ditambah kamu harus meningkatkan kualitas dan pemahaman mu tentang Alquran.

5. Menikah

Alasan cuti kuliah yang benar berikutnya adalah kamu akan menikah. Bilang kalau saat ini kamu sudah di lamar dan akan segera dilaksanakan. Dengan begini kemungkinan diterima juga sangat besar.

6. Hamil

Karena tadi kamu pakai alasan menikah, alasan cuti kuliah karena hamil ini bisa jadi pilihan mu juga. Bilang saat ini kamu harus fokus dengan keluarga dan sedang mengandung jadi tidak bisa kemana-mana. Ini khusus bagi mahasiswi loh ya, yang mahasiswa tentu enggak bisa pakai alasan ini.

Itu lah beberapa macam-macam alasan cuti kuliah/cuti akademik yang bisa jadi pilihan mu. Namun sebelum kamu benar-benar akan cuti kuliah, persiapkanlah sebaik mungkin dan kamu memang benar-benar telah yakin dan siap dengan konsekuensinya.
BERIKAN KOMENTAR ()